Jumat, 10 Desember 2010

TOLEAT

Toleat adalah jenis kesenian atau alat musik yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Subang yang terbuat dariTamiang dan dimainkan dengan cara ditiup. Toleat pada awalnya muncul dan berkembang di daerah Panturayang merupakan daerah pertanian....
Terbentuknya toleat dilhami oleh empet-empetan, yaitu alat musik tiup yang dimainkan oleh anak gembala dan terbuat dari jerami padiyang baru saja dipanenEmpet-empetan sangat tergantung pada musim padi,sehingga mempengaruhi keadaan perubahan kreativitas anak gembala. Atas dasar hal tersebut maka anak gembala pun membuat alat musik yang terbuat dari pelepah daun pepaya dan lidahnya terbuat dari daun kelapa, alay musik ini disebut dengan Ole-olean(aerophone single reed). Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kedua alat musik ini tidak bisa permanen, hanya dapat dipakaisatu hari saja karena mudah rusak atau busuk.
Setelah mengalami bebrapa tahapan evolusi mulailah dari Empet-empetan dan Ole-olean maka terjadi perubahan yang sangat mendasar antara lain :bentuk bahan dan suara. pada tahapan ini terbentuk alat musik yang dinamakan dengan Toleat. Toleat berasal dari kata torotot ole-olean.
Toleat pertama kali telah dibuat oleh seseorang peternak yang bernama Parman, ia mempunyai keahlian dalam bermain musik terompet.Parman terinspirasi dari bunya empet-empetan dan ole-olean. kedua alat musik tersebut tidak mempunyai lubang nada bunyi sehingga tidaj banyak menghasilkan variasi nada atau istilah sundanya tuh....henteu norotot hanya mengahasilkan bunyi ole-olean.
Toleat pada perkembangannya dibuat dari congo awi atau ujung bambu, dan lidahnya terbuat dari kayu pohon berenuk dan dililit dengan rotan sebagai pamaes. pada perkembangan selanjutnya bahan yang dipakai untuk toleat dibuat dari awi tamiang(bambu intuk suling).
Toleat terdiri dari 8 buah lubang bunyi,1 lubang di bagan bawah dan 7 lagi di bagian atas,dengan tangga nada dasar nerlaras salendro . Nada-nada yang dihasilkan oleh Toleat merupakan adaptasi dari musik terompet.

Fungsi dan Penyajian Toleat
A.Kalangenan
Toleat berfungsi sebagai alat musik Kalangenan atau hiburan pribadi pada saat sedang ngangon atau menggembala lainnya.Toleatbiasanya dimainkan oleh gembala yang sedang menuggu ternak.Toleat sebagai alat musik Kalangenan dalam penyajiannya tidak terdapat lagu khusus,tapi hanya mengandalkan keunikan bunyi yang dihasilkan dari alat musik tersebut.

B.Pintonan
Toleat pada awalnya hanya bisa dipertunujukan pada teman-teman pada kegiatan di sekitar lingkungannya. kemudian dikreasikan dengan alat musik yang lainnya seperti Bumbung, Lodong, dan Celempung.Selanjutnya dapat pula disajikan dalam acara hiburan untuk umu dan acara adat masyarakat seperti Khitanan, Perkawinan, dan acara adat lainnya. Sedangkan lagu-lagu yang sering dibawakan yaitu lagu Ketuk tilu antara lain: Sulanjana, Peuyeum Gaplek,Awi Ngarambat, Dll.pada masa perkembangan Toleat hanya berkembang di Subangnamun sekarng sudah berkembang di berbagai daerah. Oleh karena itu kita sebagi rakyat subang perlu bangga sebagai warga Subang dan wujud kebanggaannya dengan cara ikut melestarikan kebudayaan ini.

1 komentar:

  1. follow blog gw
    http://sharewithhaviz.blogspot.com

    blog in dah di follow nick jonny_smith88

    BalasHapus